Pengertian serta Komponen dalam Basis Data (Database)


Pengertian dari Basis Data

Basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data, basis dapat kita artikan sebagai tempatnya sedangkan data yaitu kumpulan fakta yang meliputi objek seperti manusia, hewan, barang, ataupun objek lainnya yang bersifat real.

Adapun pengertian lain dari basis data itu sendiri yaitu adalah suatu himpunan kelompok data yang saling terhubung dan terorganisasi sedemikian rupa dan dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.

Dengan adanya basis data setiap orang akan lebih mudah dalam melakukan penyimpanan suatu data seperti informasi, data mahasiswa, data penduduk, data kepegawaian serta data yang lainnya dengan menggunakan media penyimpanan seperti melalui perangkat komputer dan kemudian akan di gunkan kembali sesuai dengan keperluan.

Di dalam database terdiri dari 8 operasi yaitu creat database, drop database, creat table, drop table, insert, read, update serta delete.

Pengertian Sistem Basis Data

Secara singkatnya pengertian sistem adalah suatu kumpulan komponen yang saling berhubungan untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. 

Sedangkan basis data tidak dapat bergerak dengan sendirinya dia membutuhkan program aplikasi yang di tunjukkan sebagai pengolah ataupun penggeraknya, sehingga nantinya akan terbentuk sebuah sistem.

Jadi pengertian dari basis data itu adalah sistem yang teridiri dari beberapa kumpulan tabel data yang saling berhubungan serta kumpulan suatu program yang memungkinkan si pemrogram lain untuk mengakses serta memanipulasi tabel tabel tersebut.

Komponen dalam Basis Data

1. Perangkat Keras

Perangkat keras biasanya yang terdapat dalam basis data yaitu adalah komputer, hard disk, serta perangkat komunikasi jaringan.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi yaitu program yang dirancang untuk mengaktifkan serta mengendalikan seluruh sumber daya yang ada di dalamnya termasuk operasi dasar yang ada di komputer seperti windows, linux, dan unix.

3. Basis Data

Komponen basis data adalah komponen yang terorganisir dengan baik sehingga data tersebut dapat dengan mudah di pahami, di akses dan dimanipulasi oleh penggunanya.

4. Database Manajement System

Database manajement system adalah suatu program aplikasi khusus yang dirancang untuk membuat serta mengelola database yang tersedia. 

5. User atau Pemakai

Uses adalah salah satu komponen penting yang berinteraksi langsung dengan database. 

6. Aplikasi atau Perangkat Lunak

Untuk aplikasi sendiri tergantung dari kebutuhan, pemakai basis data dapat dibuatkan aplikasi khusus untuk memudahkan si pemakai dalam mengakses database tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian serta Komponen dalam Basis Data (Database)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel